Senin, 17 Januari 2011

RANCANGAN WAN YANG TERINETGRASI SECURITY

Kunci penting dalam dunia pengolahan data dan informasi masa kini adalah apa yang disebut jaringan atau networking. Betapa pentingnya sebuah terminal dalam sebuah jaringan lokal, LAN (local area network), karena di balik itu terdapat ribuan komputer lain dengan ribuan orang lain yang berada di sebuah perusahaan besar.
Kita sedang menuju ke abad 21, di mana sistem jaringan mungkin tak lagi hanya akan melayani sebuah mesin besara saja. Sebaliknya jaringan-jaringan akan merupakan sarana bantu yang memungkinkan sebuah organisasi besar untuk melakukan penyesuaian yang sesuai, antara kebutuhan informasi dengan besarnya aplikasi serta investasi perangkat keras dan lunaknya. Orang menyebutnya dengan rightsizing.
Divisi Solusi Jaringan Scomptec menyediakan berbagai   layanan yang berkenaan dengan jaringan, termasuk konsultasi & perencanaan sistem, penginstalasian & peremajaan dan pemutakhiran, dukungan administrasi, diagnosa dan pemeliharaan.
Layanan jaringan Scomptec meliputi Local Area Network (LAN) serta Wide Area Network (WAN),   serta menangani sepenuhnya segenap perangkat keras, meliputi PC, komputer-komputer Mac, Unix, perangkat-perangkat keras LAN dan WAN (router, switches, dan lain sebagainya), printer, modem dan aplikasi serta sistem software (Novell, Microsoft Windows NT, Unix) yang bekerja padanya 
• Konsultasi & Perencanaan Jaringan
Melalui pembicaraan tentang sasaran bisnis atau melakukan pemeriksaan terhadap penerapan sistem jaringan yang saat ini digunakan, kami dapat mengetahui apa yang saat ini menjadi kebutuhan para pengguna jaringan, serta kebutuhan yang akan terjadi di masa datang.
Sebuah desain jaringan akan menyediakan sebuah solusi teknis yang bersifat menyeluruh yang didasarkan atas sasaran-sasaran yang telah ditetapkan di saat awal konsultasi dimulai.
• Penginstalasian dan Peremajaan/Pemutakhiran Scomptec bersedia menyelenggarakan penginstalasian jaringan dan peningkatan, peremajaan, serta pemutakhiran sistem jaringan yang sudah terpasang, meliputi pembangunan sistem jaringan yang benar-benar baru, atau melakukan peningkatan terhadap sistem jaringan yang sudah terpasang, untuk memperoleh perbaikan tingkat keberhasilan dan dayagunanya, penambahan pengguna jaringan, dan/atau melakukan penghubungan antara sumberdaya sistem informasi dengan para penggunanya, menghubungkan LAN/WAN pada sistem LAN/WAN yang berada dalam jangkauan jarak yang lebih jauh, serta kemampuan untuk menghubungkan pengguna terhadap Internet.Untuk penginstalasian jaringan baru atau peningkatan kapasitas sebuah jaringan, Scomptec akan menangani semua aktivitas tak terkecuali, tanpa mempersoalkan apakah bisnis Anda merupakan sebuah bisnis yang sederhana atau sangat besar sekalipun. Kami akan melakukan pembicaraan dan diskusi secara mendalam dengan Anda sebagai pengguna jasa, berkenaan dengan keinginan dan harapan Anda terhadap jaringan yang akan dibangun kemudian.  Sejumlah contoh dari penambahan kemampuan efektivitas jaringan adalah dengan melakukan segmentasi LAN, melakukan peremajaan di beberapa fasilitas jaringan dengan mengganti Ethernet yang 10MB dengan Ethernet 100MB dan 1000MB (1GB) Ethernet, memasang sistem kendali dan pengarah yang berupa switching hub, menggunakan sambungan berupa fiber, serta memasang fiber sebagai tulangpunggung.
Melakukan penambahan sumberdaya jaringan bisa meliputi penambahan server, server yang bisa diakses secara dial-in, modem, sambungan telepon, sambungan ISDN, printer jaringan dan mesin-mesin faksimili.   Semua bentuk perangkat keras, lunak atau layanan telekomunikasi dapat kami selenggarakan dan kami tawarkan kepada Anda.   Ketika melakukan penghubungan sebuah LAN/WAN dengan lokasi yang berada dalam jarak yang jauh, maka tim Scomptec akan melakukan penginstalasian dan mengkoordinasikan perangkat keras jaringan yang dikehendaki dan layanan telekomunikasi sebagai bagian dari pelanggan kami, dan untuk meyakinkan bahwa skema pengalamatan jaringan di semua lokasi memiliki konsistensi.
Jika pelanggan kami berniat untuk melakukan hubungan melalui Internet, maka Scomptec pun akan menyediakan segenap perangkat keras jaringan, layanan telekomunikasi, serta selaku penyedia layanan Internet atau ISP (Internet service provider), mendaftarkan agar memperoleh nama domain , serta web hosting.  
• Layanan dan Dukungan Administratif.
Scomptec menyediakan layanan administratif bagi pelanggannya.   Hal tersebut biasanya bisa terselenggara berupa pilihan atas tiga bentuk layanan yang mungkin dilakukan, di mana staf teknis Scomptec dapat diminta untuk berada dan siap di tempat pelanggan, selama jam kerja atau jam-jam lain yang dikehendaki pelanggan.
Juga bisa dengan cara melakukan akses melalui hubungan telepon terhadap instalasi jaringan pelanggan, atau di lokasi mana pun yang dikehendaki oleh pelanggan. Atau, boleh jadi, menggunakan kombinasi dari berbagai peluang layanan tersebut di atas.
Sejumlah pekerjaan administratif bisa meliputi upaya untuk memastikan kinerja LAN dan WAN tetap berlangsung memuaskan, menambah jumlah pengguna jaringan serta titik-titik fasilitas jaringan lainnya, melakukan penelaahan terhadap masalah yang terjadi, dan meningkatkan efektivitas jaringan sesuai keperluan. 
• Diagnosa dan Pemeliharaan
Scomptec juga menawarkan diagnosa jaringan dan layanan pemeliharaan, seperti melakukan diagnosa terhadap kinerja jaringan yang tidak memadai.   Masalah yang berkenaan dengan kinerja tersebut bisa saja terjadi karena pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat di pihak user yang harus dihadapi oleh sistem jaringan yang terpasang saat ini, yang tidak sesuai lagi dengan kapasitasnya, kesalahan dan ketidakcocokan konfigurasi komponen jaringan, atau ada kemungkinan telah terjadi kerusakan pada komponen jaringan tertentu.
Tim teknis Scomptec akan menggunakan hasil penelitian yang dilakukan selama masa diagnosa tadi untuk mengetahui secar spesifik apa yang menjadi penyebabnya, dengan menggunakan perangkat-perangkat khusus untuk jaringan. Manakala kami sudah berhasil menemukan masalahnya, maka kami segera akan menyajikan solusinya di hadapan pelanggan.
• Menempatkan semua hal diatas

terintegrasi. Hal itu dapat dimaksudkan sebagai upaya untuk " menempatkan atau membawa berbagai bagian secara bersamaan untuk membentuk sebuah kesatuan ".
Scomptec akan melakukan pengintegrasian semua pekerjaan, mulai dari perencanaan, penggabungan, pemanfaatan segenap sumberdaya, dukungan pekerjaan administratif dan pemeliharaan prasarana jaringan, lingkungan, perangkat keras, serta aplikasi, meliputi :
• Teknologi (prasarana jaringan) ;
- Protokol pengiriman data;
   TCP/IP, IPX, SNA, Netbios, DECnet,  Appletalk
- Network Management;
   SNMP/SMP, RMON
- LAN/WAN
  Ethernet, Fast Ethernet, Gigabit Ethernet, FDDI, Token Ring,  ATM, 56Kb,
  Asynch/Synch WAN, SLIP, PPP, ISDN, Frame Relay, Fractional
  T1, and Vendor Specific proprietary WAN/LAN technology, etc.
Hardware
- Interworking devices:
  Hub, Concentrator, Repeater, Bridge, Router, Gateway, etc.
From;
  3Com, Cisco, BayNetworks, Cabletron, AT&T,Ascend,IBM, SMC,
  Xyplex, Digital, AMP, etc.
Application/Environment/Software
- Server-OS Network
  Windows, Novell, Unix, Linux, etc.
- Development tools & Graphical User Interface
  Power Builder, Power Object, Visual Basic, Delphi, Java, etc
- Application Programming interface, Databases & Midleware;
  ODBC, RPC, SQL Server, Oracle, Corba, MySQL, netwise, etc.
• Definisi sederhana ;Apakah jaringan itu?
Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronis dan pesan-pesan, saling terkait satu dengan lainnya di mana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan, menggali dan saling berbagi-pakai terhadap informasi yang tersedia.
Pada umumnya yang dihubungkan tersebut terdiri dari komputer mikro, terminal, printer dan media penyimpan data, serta perangkat jaringan lainnya. Dengan memiliki jaringan komputer memungkinkan Anda untuk menggabungkan berbagai tingkat keahlian yang terdapat di segenap staf serta berbagai jenis kapasitas peralatan yang ada, tanpa memperhatikan soal-soal lokasi fisik di antara staf maupun peralatannya. Jaringan memungkinkan pemanfaatan secara bersama di antara para pengguna jaringan terhadap file-file data dan aplikasi, saling berkirim pesan, serta memungkinkan diterapkannya sistem pengaman terhadap instalasi seara keseluruhan.
Local Area Networks (LAN)
Sebuah jaringan komunikasi yang melayani pengguna yang berada dalam sebuah jangkauan area geografis yang terbatas. LAN dibentuk dari beberapa buah server ,workstations , sistem operasi jaringan serta sebuah sambungan komunikasi .
Server adalah mesin berkecepatan tinggi yang mampu menangani penggunaan bersama atas file data dan program yang diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan. Workstations atau disebut client adalah di mana user bekerja melalui PC-nya, yang selain bisa dimanfaatkan untuk bekerja secara mandiri juga mampu melakukan akses terhadap sumberdaya jaringan sesuai dengan hak yang dimilikinya.
Sebuah LAN yang kecil memungkinkan sebuah workstation untuk difungsikan sebagai server, yang memungkinkan dirinya untuk bisa melakukan akses terhadap komputer rekannya. Sistem jaringan ini disebut peer-to-peer adalah salah satu bentuk jaringan yang pada umumnya mudah untuk diinstalasi maupun dikelola, namun bagaimana pun, adanya sebuah server yang difungsikan secar khusus akan memberikan kinerja yang lebih baik, agar mampu menangani volume transaksi yang tinggi. Di sebuah jaringan yang besar bahkan menggunakan lebih dari satu server.
Software pengendali pada sebuah LAN adalah melalui apa yang disebut sistem operasi jaringan (NetWare, UNIX, Windows NT, dan lain sebagainya) yang akan ditempatkan pada server. Beberapa bagian dari komponen software tersebut akan menempati di mesin-mesin para client yang memungkinkan aplikasi untuk membaca dan menulis data dari server selayak hal tersebut berada di mesinnya sendiri.
Pesan yang akan dikirimkan akan dikendalikan melalui fasilitas protokol pengantaran data, seperti TCP/IP dan IPX. Pengiriman datanya sendiri secara fisik dilakukan melalui metoda akses (Ethernet, Token Ring, dan sejenis lainnya) yang diimplementasikan ke dalam adapter jaringan yang dipasang pada mesin. Sebuah saluran komunikasi adalah berupa kabel (twisted pair, coax, optical fiber) yang akan menghubungkan setiap adapter jaringan.
• Wide Area Network (WAN)
Adalah sebuah sistem jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN yang masing-masing dibatasi oleh sebuah jarak yang cukup jauh, seperti berbeda gedung atau kota, yang dihubungkan melalui sambungan telekomunikasi, yang biasanya disewa dari perusahaan telekomunikasi. Internet adalah sebuah contoh dari apa yang disebut WAN dengan cakupan kawasan yang mendunia.
WAN memungkinkan Anda untuk mengubungkan dan saling memanfaatkan sumberdaya di antara masing-masing jaringan yang menjadi bagian dari organisasi yang terpisah oleh sebuah jarak yang cukup jauh. Sebagai tambahan, Anda dapat menerapkan sebuah WAN terhadap mitra bisnis, seperti halnya penggunaan Internet untuk sebuah cakupan global.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar